Pages

Simpati-Empati? hhmmm :O

Selasa, 10 April 2012


Assalamualaikum Wr Wb..
Mau cerita ah, udah mau masuk minggu ke-4 dines di RS rasanya amazing terus nih gara-gara ketemu banyak tipe orang jadi sisi lebaynya aku makin naik beberapa level hihihi. Antara empati dan simpati masih belum bisa ngebedain contohnya nih, ada bayi yang usianya baru mau masuk 2 bulan harus di ambil darah terus sesek otomatis gak boleh di kasih ASI, bayi yang nangis ampe wajahnya merah air matanya udah gak keluar, jerit-jerit.. Ibunya gak tega buat liat sambil nahan air mata Ibunya keluar dari kamar.. aduuuuuh SubhanAllah kalo aku ada di posisi Ibu gimana ya? itu terus yang ada di fikiran aku walhasil ikut nangis juga deh..

Cerita yang kedua, paling seneng liatnya kalo udah ketemu pasien yang udah lanjut usia terus disampingnya ada pasangan yang ngejagain J. Ada nih Bapak yang kena stroke ringan mau pindah ruangan kebetulan aku yang ngebantunya, duuuuuh dari pertama masuk kamar udah ketemu senyum ramah istrinya selanjutnya waktu mau pindahin Bapak ke kursi roda ada dialog yang buat senyum-senyum sendiri, gini nih.
Ibu : “Ayo Pak  kan mau sembuh… kita pindah kamar sekarang” pelan sambil ngebangunin Bapaknya. Bapak yang masih belum sadar sepenuhnya cuma manggut-manggut.
Bapak : “Aduh… aduh…” Bapak mengerang cepat Ibu tanya kenapa yang ada sakit dengan suara pelan lembut.
Lanjut waktu Bapak pindah ke kursi roda SubanaAllah Ibu yang usianya sama kaya Nenek Aku telaten banget jagain suaminya, langsung deh burung-burung kecil di kepala aku keluar sambil berkicau “nanti kaya gitu juga ah… “ hahahaha Amin :D.

Tapi… satu cerita lagi yang bikin sedih. Seorang Bapak, sama kaya cerita kedua udah jadi Kakek masuk ke RS sendiri tanpa ada keluarga. Waktu ngasih resep obat sempet Bapak ngeluh soal materi katanya Bapak pindahan dari Ibu Kota tinggal di Garut baru sebentar terus istrinya udah meninggal, walhasil hidup sendiri deh… Sedih ih ditambah malamnya ujan deres banget kalo aku jadi Bapak gak kebayang gimana rasanya… tapi akhirnya aku kefikiran bener deh nanti kalo aku udah usia lanjut lebih baik pasangan aku yang dipanggil duluan, aku yang ngerasain kehilangan.. dari pada nanti pasangan aku gak ada yang ngurusin kalo sakit.

“ Ya Tuhanku, Tuhan yang mengurus manusia, hilangkanlah penyakit, sembuhkanlah. Engkaulah penyembuh Tidak ada penawar selain dari penawarMU, perawat yang menghabiskan sakit dan penyakit” ( Hadist Riwayat Bukhari Muslim)

18 komentar:

RZ Hakim mengatakan...

Empati itu seperti contoh pertama, hehe.. Saya juga jadi mikir, gimana ya kalau ada di posisi Ibu tersebut?

Mbaknya sakit ya? sakit apa? Semoga lekas membaik. Bulan ini kok banyak yang sakit ya?

Sofyan mengatakan...

Setuju yang katakan Masbro, empati adalah ikut merasakan apa yang di rasakan orang lain,,

Itu cerita Kakek yang sakit, benar adanya atau hanya sekdar contoh Mbak Retno

Adittya Regas mengatakan...

so sweet kakak :) uhh moga2 aku nanti punya pasangan yg superperhatian sampai ubanan samapai gak sanggup napas. amin :D

Bayu Hidayat mengatakan...

wihh jadi kepikiran. entar kalo udah tua kayak yang ke2 ato yang ke 3 yah. yang pasti nya di temanin ato ngak. pengen sehat terus ajah

Retno Novitha S mengatakan...

Yang sakit di rumah sakit Mas, aku Allhamdulilah sehat2 aja :)

Retno Novitha S mengatakan...

Yang sakit beneran Mas..

Retno Novitha S mengatakan...

Amiiiiiiiin aku juga semoga.. lirik lagu itu mah :D

Retno Novitha S mengatakan...

Bener2 Mas sehat selalu :)

Feby Oktarista Andriawan mengatakan...

Wah bener2 campur aduk ya kejadian di RS. 4 minggu berarti bentar lagi gajian dong ya mbak.. :D

kacho mengatakan...

Menurutku, empati itu lebih dari ikut merasakan, tetapi kita juga melakukan sesuatu untuk membantu, atau respect terhadap sesuatu. Kalau hanya ikut merasakan, aku rasa itu masih simpati.

Mungkin di cerita yang pertama, empati itu sampai kita menenangkan ibu itu.

Terus, di cerita yang terakhir , gimana kalau kamu yang menemani bapak itu. Jadi, dia gak begitu kesepian lagi,kan?

Ninda Rahadi mengatakan...

ya ennooo, jadilah perawat yang baik dan peduli ya :)

Rizki Pradana mengatakan...

postingan2nya sangat menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif ^_^

salam kenal
kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

Adittya Regas mengatakan...

lagu apa emang?

Retno Novitha S mengatakan...

hahaha enggak aku mahasiswa yg lagi praktek Bang :D

Retno Novitha S mengatakan...

masukan bagus, makasih banyak Mbak :)

Retno Novitha S mengatakan...

dari band pokonya lpa siapa yg nyanyinya hehe

Retno Novitha S mengatakan...

InsyaAllah Mbak :)

Retno Novitha S mengatakan...

Makasih, lanagsung coooou :D

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS