Pages

Ormas; Ada Apa Denganmu?

Sabtu, 02 Maret 2013



Bismillahirahmanirrahim.. 

Assalamualaikum, selamat pagi semua :). 

Sabtu pagi ini gak kaya biasanya hhmmm apa ya mungkin ketularan pikiran Majnun kali agak-agak miss hehe tapi enggak ah Laila-Majnun top novel ngidamnya udah lama. Di toko buku baru liat-liat dulu harganya haha rencana ngumpulin recehan eeeeh tapi emang bener kata orang rezeki gak lari, Laila-Majnun gak cuma nongkrong elegan di toko buku tapi tidur tenang di rumah sahabat. Huh baru ketauan ternyata Kakaknya Kiky punya dari tahun 2001, bujuk membujuk-rayu merayu yes akhirnya dapat! Hore!. 

Oke, Laila-Majnun stop bukan kisah romantik novel itu yang mau saya bahas tapi malah Hari Tanusudibyo yang menclok-menclok di pikiran. Hehee maaf ya Pak bukan menclok-menclok burung kaca mata yang sekarang lagi hits tapi jalan pikiran Bapak yang buat saya kerutkan kening -___-. 

Siapa dong yang gak kenal Hari Tanu? Saya juga gak kenal sih cuma tau aja dari tv hihii tapi hari ini saya browsing profilnya, habis deh penasarannya....

Nama Lengkap : Hary Tanoesoedibjo
Alias : Hary Tanoe
Agama : Kristen
Tempat Lahir : Surabaya, Indonesia
Warga Negara : Indonesia

Pedidikan
  • Bachelor of Commerce (Honours), Carleton University, Ottawa-Kanada (1988)
  • Master of Business Administration, Ottawa University, Ottawa-Kanada (1989)
Karir
  • Pendiri, pemegang saham, dan Presiden Eksekutif Grup PT Bhakti Investama Tbk. 
  • Presiden Direktur PT Global Mediacom Tbk 
  • Presiden Direktur PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)
  • Presiden Direktur PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) 
  • Komisaris PT Mobile-8 Telecom Tbk,
  • Komisaris Indovision
  • Bendahara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)
PENGHARGAAN
  • Peringkat ke-22 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes 2011.
  • Unpredictable Newsmaker 2011 dari media portal Rakyat Merdeka Online(RMOL)
Gimana? memang orang hebat dia, pengusaha muda yang mempunyai niat mulia untuk merubah Indonesia. Mungkin masih ingat juga gimana gigihnya Hari Tanu mendirikan partai baru, partai yang mengusung perubahan dan mencakup kader-kader dari kalangan pemuda-pemudi. Berhubung Mahasiswa saya juga pernah ngisi formulir kaderisasinya dulu tapi karena gak terlalu tertarik dengan dunia politik saya gak ikut forumnya lebih lanjut sampai gak tau deh sekarang di Garut kabarnya gimana. Balik lagi ke topik, singkat cerita karena konflik internal akhirnya Hari Tahu mengundurkan diri dari partai yang dibesarkannya itu. Nah dari sana para juru warta mensoroti langkah Hari Tanu selanjutnya: Mendirikan partai baru kah? bergabung dengan partai yang sudah ada kah? atau mendirikan ORMAS kah?. 

Februari 2013 pertanyaan mass media terjawab sudah.
      Hari Tanu mendirikan ORMAS yang dinamakan PERINDO
      Bergabung dengan partai Hanura

Nah disini nih letak pertanyaan besar bagi saya. Sekilas saya lihat tayangannya, PERINDO didirikan atas kerjasama Hari Tanu dengan Wiranto. Jadi pertama, seberapa besar pengaruh ORMAS bagi masyarakat dan Indonesia sampai-sampai orang semacam Hari Tanu merubah haluan dari PARPOL menjadi ORMAS ?. Sementara, di Garut sendiri yang saya ketahui ada 2 ORMAS, mungkin tujuan dari masing-masing ORMAS itu adalah menyejahterakan rakyat, mengamankan rakyat, dll. Tapi kalau anggota ORMAS saling bersitegang satu sama lain jatuhnya malah meresahkan masyarakat. Gak lucu dong untuk apa didirikan kalau nilai positifnya tidak terasa bagi masyarakat. Kedua, apakah fungsi utama ORMAS itu sendiri? Kalau jawabannya ikut serta mengamankan negara, terus apa kabarnya polisi? legalitas polisi sebagai penegak hukum sudah jelas tanpa keraguan. Contoh lain, masih di kota saya ketika salah satu partai politik melakukan aksi kampanye kenapa salah satu ORMAS menjadi bala pertahanan keamanan? sekali lagi helooo dimana Polisi apakah kurang atau ada maksud lain?. Yang saya takutkan justru ORMAS ada untuk kepentingan partai politik. Meskipun masyarakat Indonesia bebas memilih partai politik namun untuk terjun ke dalamnya tidak semua kalangan bisa paling menjadi kader, tapi ORMAS menyeluruh dari tingkatan sosial atas, menengah apalagi bawah tidak perlu orang-orang yang memiliki izajah coumlod atau lihai berbicara di depan umum atau pandai berdebat dan mengatur startegi karena ORMAS itu organisasi masyarakat menerima siapa saja yang ingin bergabung. Kalau begitu, tidak menutup kemungkinan jika massa ORMAS yang sangat banyak itu dijadikan kekuatan bagi partai politik. 

Kalau fungsi ORMAS gini sih saya setuju : sebagai wadah penyalur kegiatan sesuai kepentingan anggotanya, pembinaan dan pengembangan anggotanya, peran serta dalam usaha menyukseskan pembangunan nasional, sarana penyalur aspirasi anggota dan sarana komunikasi sosial diantara anggotanya atau sesama ormas atau dengan organisasi kekuatan sosial politik atau Pemerintah atau dengan yang lainnya. (Sumber : UU No. 8 tahun 1985).

Jadi, cepet goal dong RUU ORMAS SEMANGAAAAAT...

 Jangan kelamaan begini -__-

 Biar semua senang :D damai, adem, raooos...

Oke deh, semuanya selamat weekend untuk pasangan muda-mudi yang berencana malam mingguan mending putar haluan ke pengajian-pengajian deh lebih bermanfaat soalnya ;) untuk orang-orang yang masih disibukan dengan urusan pekerjaan semoga diberi stamina lebih keep healthy dan untuk saya semoga di beri rezeki lebih untuk memborong buku hahaha Laila-Majnun i`m coming :*, ehh denger-denger sekarang dosen-dosen lagi rapat Yudisium jadi deg-degan IP gimana hasilnya wish me luck deh :)

Bye,
Wassalamualaikum..
                                                                    

1 komentar:

andri leonardi mengatakan...

mantapplah salutt !!!hee

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS